Jumat, 16 Agustus 2013

Kodim melaksanakan upacara 17 agustus 2013




`Bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0804/Magetan Jl.Panglima Sudirman no.42 MagetaN, tanggal 17 Agustus 2013 pukul 07.00 wiB, telah dilaksanakan upacara peringatan Hut Kemerdekaan RI ke 68.
Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Staf Kodim 0804/Magetan Mayor Inf Hery Suprapto Wardoyo Komandan Upacara Kapten Inf Kuncoro S, Perwira upacar Lettu Arm Agus Hariyono pembawa acara PNS Sudarsih, Pembacaan Teks Proklamasi Lettu Inf Priyono, Pembacaan tek UUD 1945 Peltu Sukarman, Pembaca Doa Pelda Sukiyono, Pengibar Bendera Serda Totok, Serda Hariyono, Serda Pinijan dari peringatan Hut Kemerdekaan RI ke 68 adalah ” DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 1945 KITA BEKERJA KERAS UNTUK KEMAJUAN BERSAMA, KITA TINGKATKAN PEMERATAAN HASIL – HASIL PEMBANGUNAN UNTUK KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA ” dalam peringatan hari Kemerdekaan tersebut  Kepala Staf Membacakan amanat Kasad sebagai berikut :
Para perwira, bintara dan tamtama, serta segenap pega-wai negeri sipil tni angkatan darat yang saya cintai dan saya banggakan.
                sebagai insan hamba tuhan yang beriman dan bertaqwa, marilah tiada hentinya kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat
Dan ridho-nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan lahir dan batin, sehingga pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera tujuh belasan, tanggal 17 agustus 2013, yang bertepatan dengan hari ulang tahun ke-68 kemerdekaan negara kesatuan republik indonesia, dengan tertib dan khidmat.
Sehubungan masih dalam suasana lebaran, selaku kepala staf angkatan darat dan pribadi, saya mengucapkan selamat idul fitri 1 syawal 1434 hijriah, kepada seluruh prajurit dan pns tni ad yang merayakannya, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga melalui makna idul fitri ini, akan mampu menambah motivasi dalam menjalankan tugas pengabdian kita masing-masing.
Peserta upacara sekalian yang saya hormati,
Sebagaimana kita pahami, bahwa peringatan hari kemerdekaan merupakan salah satu upaya untuk mengenang dan menghayati kembali sejarah perjalanan, keberhasilan dan kegagalan masa lalu suatu bangsa.
                pada even seperti ini sudah sewajarnya apabila kita menunduk-kan kepala sejenak, untuk mem-berikan penghormatan dan peng-hargaan yang tulus kepada para pendahulu, yang telah berjuang dengan tetesan keringat, darah dan air mata. Bahkan para pen-dahulu, telah rela mengorbankan harta benda, jiwa dan raganya demi
Untuk merebut, menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan ne-gara kesatuan republik indonesia tercinta dari belenggu penjajah.
                oleh karena itu, pada kesem-patan yang berbahagia ini, sebagai generasi penerus bangsa yang menghargai jasa para pahlawan-nya, kita wajib melestarikan nilai-nilai luhur sejarah perjuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu. Nilai-nilai yang telah ditulis dalam blue print sejarah perjuangan bangsa, harus dapat kita transpormasikan di era kekinian melalui partisipasi aktif dalam mengisi pembangunan di segala bidang. Nilai-nilai per-juangan tersebut perlu kita jadikan sebagai sumber motivasi
Dan aspirasi dalam memberikan karya dan pengabdian terbaik bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.
                dalam konteks pengabdian tni angkatan darat, peringatan hari kemerdekaan seperti saat ini, hendaknya dapat menjadi momen-tum untuk menyegarkan kebera-daan kita sebagai bhayangkari, garda terdepan dan benteng terakhir negara dalam menjaga dan mengawal kedaulatan nkri dari segala bentuk ancaman dan gangguan.
                keberadaan prajurit dan pns tni angkatan darat dimanapun bertugas dan berada harus mampu menjadi suri tauladan bagi masyarakat disekitarnya dalam menggelorakan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa.
                sementara itu, dihadapkan pada permasalahan kebangsaan saat ini, kita dituntut agar senantiasa mampu menjadi motivator dan motor penggerak dalam mem-bangun dan menumbuhkan kembali rasa nasionalisme, militansi dan jati diri sebagai bangsa yang terhormat dan bermartabat. Se-lain itu, kita juga harus peduli dan siap membantu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi ma-syarakat sesuai amanat undang-undang.

Peserta upacara yang saya hormati,
Kesungguhan kita untuk melak-sanakan tugas dalam memperta-hankan kedaulatan negara, menja-ga keutuhan wilayah negara ke-satuan republik indonesia dan
Melindungi segenap bangsa dan tumpah darah indonesia dari segala bentuk ancaman, adalah salah satu wujud penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan kusuma bangsa yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya kepada persana bumi pertiwi.
Sebagai bagian dari komponen bangsa tni angkatan darat senan-tiasa hadir untuk memberikan sum-bangsih dalam pembangunan bang-sa. Tni angkatan darat tetap berkomitmen untuk peduli terha-dap kehidupan dan kesejahteraan rakyat, yang diantaranya dilak-sanakan melalui kegiatan binter di seluruh wilayah indonesia. Saya berharap kegiatan yang kita laksanakan selama ini dapat terus
Ditingkatkan, sehingga apa yang kita lakukan benar-benar memberi-kan kontribusi nyata bagi pening-katan kesejahteraan rakyat.
                sementara itu, dalam mengha-dapi tahun politik 2014 mendatang yang sudah semakin dekat, tni angkatan darat dituntut untuk tetap konsisten menjaga netrali-tasnya sebagai alat negara di bidang pertahanan. Politik yang dijalankan tni adalah politik ne-gara. Artinya, apapun yang dilaku-kan tni senantiasa berdasar pada kebijakan dan keputusan politik negara serta kesepakatan bangsa melalui mekanisme konstitusional. Untuk itu, tni angkatan darat akan tetap konsisten untuk membangun dirinya menjadi tentara yang profesional,   modern,    akuntabel
Dan transparan. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu wujud nyata dalam ikut serta mendukung tegaknya demokrasi pancasila.
Harus kita sadari, bahwa pem-bangunan politik dan ekonomi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pertumbuhan ekonomi tidak mungkin dapat berlangsung dengan baik tanpa didukung stabili-tas politik yang sehat dan mantap, dan juga sebaliknya. Demikian juga, kondisi keamanan negara akan te-tap stabil manakala pembangunan politik dan ekonomi dapat berjalan lancar, pararel dan saling me-lengkapi. Di sinilah peran penting warga tni ad dan segenap kom-ponen bangsa lainnya untuk Mendukung pembangunan stabili-tas politik dan perekonomian nasional yang sehat, demi tercapainya sasaran pembangunan nasional.
Hal tersebut sejalan dengan tema peringatan hari ulang tahun kemerdekaan kali ini, yaitu “mari kita jaga stabilitas politik dan ekonomi kita guna meningkatkan kesejahteraan rakyat”. Makna dari tema tersebut, tidak lain adalah tekad kita semua untuk memelihara dan menjaga persa-tuan dan kesatuan bangsa, yang landasannya telah diletakkan oleh para pendiri negara kita jauh sebelum proklamasi kemerdekaan republik indonesia.

Peserta upacara sekalian yang saya hormati;
Dalam kaitannya pelaksanaan tugas-tugas tni angkatan darat saat ini dan kedepan, pada kesem-patan ini, saya sampaikan beberapa atensi dan harapan untuk diguna-kan sebagai pedoman dalam melak-sanakan tugas, sebagai berikut :
Pertama, pelihara dan tingkat-kan keimanan kepada tuhan yang maha esa, sebagai wujud amaliah nyata dari sapta marga dan sumpah prajurit, sekaligus sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas.
Kedua, terus tingkatkan kuali-tas profesionalisme keprajuritan, melalui upaya belajar, berlatih
Dan bekerja keras agar mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks serta mampu mengawaki alutsista modern yang kita miliki.
Ketiga, amalkan secara nyata nilai-nilai setiap butir “delapan wajib tni” di tengah kehidupan masyarakat. Jadilah prajurit dan pns yang santun, ramah, rendah hati dan bermartabat. Hindari sikap arogan dan hanya mau menang sendiri.
Keempat, tingkatkan kewaspa-daan dan kesiapsiagaan operasio-nal satuan. Dengan terbitnya inpres nomor 2 tahun 2013 tentang penanganan gangguan keamanan dan mou antara tni dan polri, para Komandan satuan jajaran tni ad tidak perlu ragu dalam bertindak untuk mencegah konflik yang berkembang di masyarakat.
Kelima, tingkatkan koordinasi, integrasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya, sehingga kon-dusifitas daerah yang sangat dibutuhkan bagi pembangunan nasional dan daerah dapat ter-capai dengan baik.
Keenam, dalam menghadapi agenda pemilukada dan tahun poli-tik tahun 2014, seluruh prajurit dan pns tni angkatan darat agar menjunjung tinggi sikap netrali-tas. Jangan melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Para peserta upacara sekalian yang saya hormati;
Demikian amanat saya pada ke-sempatan ini. Akhirnya kepada se-genap warga tni ad, saya meng-ucapkan terima kasih dan peng-hargaan yang tulus atas pelak-sanaan tugas dan pengabdiannya selama ini.
Selamat bertugas, Dirgahayu republik indonesia

Semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan kekuatan kepada kita semua, dalam mendharma-baktikan jiwa dan raga kepada bangsa dan negara tercinta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar