Rabu, 29 Juli 2020

Linmas Diberikan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Oleh Koramil 01 Magetan


MAGETAN JATIM – Danramil 0804/01 Magetan Kapten Inf. Suparlan dan Babinsa melaksanakan kegiatan Wasbang dan Pelatihan Linmas di Wilayah Teritorialnya. Karena setiap Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) perlu memiliki pemahaman kebangsaan yang luas. Untuk itu, Danramil 0804/01 Magetan Kapten Inf Suparlan berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) pada Linmas di Wilayah binaannya, Kegiatan yang Dipusatkan di Gedung Serba Guna desa Candirejo, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Rabu (29/07/2020).

.Wasbang yang diberikan oleh Danramil 0804/01 Magetan bertujuan agar anggota Linmas tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu hal ini merupakan bagian upaya dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa, yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dijelaskan Danramil, kondisi Wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini. “Dalam pelatihan Linmas ini merupakan salah satu tugas kami untuk membina komponen cadangan Sistem Pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air,” jelas Danramil.

Selain memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara, hal itu juga untuk mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi  permasalahan yang akan dihadapi, apabila nanti para perangkat Linmas bertugas di masyarakat.

Di lain tempat juga diadakan pelatihan Linmas yaitu di Kelurahan Tambran, sebagai narasumber dan pelatih Serka Januar, karena Danramil memberikan materi wasbang pelatihan Linmas di Desa Candirejo. Danramil juga mengharapkan kegiatan yang dilakukannya, perangkat Linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa di teladani oleh masyarakat, tidak hanya cerdas dalam memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat.

“Bangsa Indonesia memiliki Wawasan Kebangsaannya sendiri yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan berdasarkan nilai-nilai itu bangsa Indonesia memiliki cara pandang untuk melangkah ke depan dalam mencapai tujuan nasional,” pungkas Kapten Inf Suparlan.(R 01).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar