Rabu, 15 November 2017

Kegiatan Wilayah Koramil 0804/01 Magetan, Sosialisasi Meningkatkan Semangat Kebangsaan Nasionalisme



Sosialisasi Meningkatkan Semangat Kebangsaan Nasionalisme, Patriotisme Dan Nilai Nilai Kepahlawanan Bagi Generasi Muda Di Kabupaten Magetan Tahun 2017. Pada hari ini Kamis tgl 16 November 2017,Pkl 08.35 WIB s/d Pkl 11.20 WIB,bertempat Gedung PPI d/a Jl Jaksa Agung Suprapto no.5 Kab.Magetan,telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi meningkatkan semangat Kebangsaan Nasionalisme,Patriotisme dan nilai nilai kepahlawanan bagi generasi muda dan pelajar di kab Magetan th 2017,dalam giat ini dibuka oleh Plh Kakesbang Kab Magetan Drs Iswahyudi Yulianto, MSI,yg diikuti sekitar 150 orang.

Hadir dalam giat sbb : Plt Kakesbang Kab Magetan Drs Iswahyudi Yulianto, MSI.  Lektor Kepala Pd FH.Umer Madiun Mudji Raharjo,SH,MH.  Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diwakili oleh Bpk Winarto,S,SN.  Guru Pendamping,Mahasiswa dan Siswa Pelajar Kab Magetan.

Dengan rangkaian kegiatan sbb :  Pkl 08.35 WIB Kegiatan dimulai dg Pembukaan.  Pkl 08.36 WIB Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Laporan Ketua Panitia Kabid Kewaspadan Kesbangpol Kab Magetan Bpk Endri Juprianto,SE  Maksud dan tujuan Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme mrpk perpaduan/Sinergi dr rasa kebangsaan dan paham kebangsaan,dg semangat yg tinggi,kekhawatiran akan terjadinya ancaman trhd keutuhan dan kesatuan bgs akan dpt di elakan.  Semangat kebangsaan sangat penting bg kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yaitu nasionalisme dan patriotisme,dan semangat ini hrd ditumbuhkan khususnya dari generasi penerus bgs sejak dini khususnya di Kab Magetan.

Sambutan Plt Kakesbangpol Drs Iswahyudi Yulianto, MSI  menyampaikan  Bhw kemerdekaan indonesia bukan pemberian/hadiah akan tetapi dgn perjuangan yg banyak  pengorbanan.  Maka semangat kebangsaan dapat diwujudkan dengan adanya sikap patriotisme dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap Warga Negara/Generasi muda kita yang memiliki  semangat  kebansgaan yang tinggi  akan memiliki nasionalisme dan patriotisme yang tinggi pula. Kami mengharapkan utk generasi muda jangan sampai ketingalan tehnologi, utk mengikuti perkembangan jaman.Kata Kata Pembukaan Kegiatan Sosialisasi oleh Plt Kakesbangpol Drs Iswahyudi Yulianto, MSI. Ditutup dengan Doa oleh Bpk Rusdi, S.Sos. dilanjutkan dengan Materi Kesadaran masyarakat akan nilai nilai Luhur Budaya Bangsa dr Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diwakili oleh Bpk Winarto,S,SN. sbb :  Anak muda sekarang sdh lupa meninggalkan budaya tradisional asli bangsa Indonesia karena sudah terpengaruh oleh budaya asing.  Maka dengan diadakan giat Sosialisasi hari ini mari kita kembali utk melestarikan budaya/seni asli bangsa indonesia, jangan mudah terpengaruh dgn budaya asing yg sekarang sdh marah mempengaruhi anak2 muda kita.  Mari mulai saat ini kita kembali utk melestarikan budaya asli bangsa kita, krn merupakan kebanggaan bangsa dn dgn budaya/seni juga utk menjaga persatuan dn kesatuan bangsa kita.

Materi Nasionalisme,Patriotisme dan Kepahlawanan oleh Lektor Kepala Pd FH.Umer Madiun Mudji Raharjo,SH,MH sbb :   Nasionalisme adalah perasaan satu keturunan, senasib, sejiwa dengan bangsa dan tanah airnya. Nasionalisme yang dapat menimbulkan perasaan cinta kepada tanah air disebut patriotisme. Patriotisme berasal dari kata patriot yang berarti pecinta/pembela tanah air. Patriotisme diartikan sebagi semangat/jiwa cinta tanah air yang berupa sikap rela berkorban untuk kejayaan dan kemakmuran bangsanya. juga diwujudkan dalam mengisi kemerdekaan.

 Ciri-ciri patriotisme 1).  Cinta tanah air 2).  Rela berkorban untuk kepentingan nusa dan bangsa. 3). Menempatkan persatuan, kesatuan dan keselamatan bansga dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. 4). Bersifat pembaharuan. 5). Tidak kenal menyerah. 6).  Bangga sebagai bangsa Indoensia. Nasionalisme dan patriotisme sangat penting dg dilandasi semangat kebangsaan dan Kepahlawanan demi terciptanya kelestarian kehidupan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar