Selasa, 14 November 2017

Kodim 0804/Magetan Melaksanakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( Prolanis )



Kodim 0804/Magetan Melaksanakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( Prolanis ) 

Magetan,  Kodim 0804/Magetan kembali bekerja sama dengan Poskes 05.10.03 Magetan dan BPJS melaksanakan Kegiatan Berkelanjutan Club Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( Prolanis ) dan edukasi bagi penderita penyakit resiko tinggi ( Risti ) dengan tema ”  Masyarakat sehat berawal dari kemauan yang kuat “.Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pengecekan tensi, pengambilan darah, senam, penyuluhan dan pengobatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu ( 15/11/17 ) di Aula dan di lapangan
apel Makoramil 0804/01 Magetan Jl Pahlawan No 3 Magetan tersebut  diikuti 52 orang yang terdiri dari Keluarga Besar TNI (KBT) yang ada di Kab. Magetan dan masyarakat sekitar Makodim 0804/Magetan dengan penanggung  jawab Pelda Tri Hariadi ( Ka Poskes 05.10.03 Magetan ).
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Pelda Tri Hariadi Ka Poskes 05.10.03 Magetan, dr. Dian Kartika P Dokter Poskes 05.10.03 Magetan, anggota Kodim 0804/Magetan baik militer maupun PNS, Persit dan masyarakat.

Dalam penyuluhannya dr. Dian Kartika P menjelaskan tentang penyakit jantung koroner dan diabetes militus yang termasuk penyakit resiko tinggi ( Risti ).
“ Penyakit jantung koroner terjadi akibat diabetes melitus yang tidak terkontrol. Selain itu komplikasi dari diabetes militus yang kronis juga bisa menyebabkan penyakit pembuluh darah perifer dan stroke,” kata  dr. Dian Kartika P.

Lebih lanjut dr. Dian Kartika P menjelaskan bahwa penyakit jantung koroner merupakan suatu penyakit yang terjadi ketika ada penyumbatan atau penyempitan sebagian atau seluruh aliran darah ke jantung dan adanya penurunan suplai oksigen ke jantung. Di Indonesia penyakit jantung menduduki peringkat kedua penyebab kematian tertinggi setelah stroke. Adapun 6 gejala penyakit jantung yang perlu diketahui adalah nyeri di dada, sulit bernafas, jantung berdebar, pembengkakan pada kaki, badan lemas dan sianosis.

“ Penyakit jantung koroner bisa dicegah dengan jalan olah raga teratur, menghindari rokok, makan makanan yang berkolesterol tinggi, stress dan tidak mengkonsumsi alcohol, ” tandas dr Dian Kartika P. ( tsr 0804 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar