Minggu, 25 Maret 2018

Babinsa Kelurahan Tambran Serka Puryanto Lakukan Pendampingan Tanam Padi


Magetan, Untuk membantu petani menanam padi di musim hujan dan percepatan masa tanam padi Babinsa Koramil 0804/01 Magetan  Kodim 0804/Magetan Serka Puryanto melakukan pendampingan penanaman padi serentak milik Sdr. Marno anggota Poktani “Suka Tani” yang ke II untuk wilayah Kecamatan/Kabupaten Magetan, Senin (26/03/2017).
“Babinsa melaksanakan pendampingan kepada petani untuk menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam di wilayah Kabupaten Magetan dan untuk yang kedua kalinya penanaman serentak dilakukan,” kata Serka Puryanto.
Ia menambahkan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan ‘jajar legowo’ dengan harapan tingkat pertumbuhan produksi padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.
Saat ini, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola tanam dengan memakai ‘jajar legowo’ Tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.
Pada program ketahanan pangan di Kabupaten Magetan, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.
Anggota TNI bersama UPT Pertanian dan petugas penyuluh lapangan (PPL) berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Magetan.
“Sebelumnya PPL jarang sekali memberikan pendampingan karena jumlah mereka yang terbatas, namun dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani,” imbuhnya.
Para petani berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan (MDC0804).






1 komentar: