Senin, 19 Maret 2018

Prajurit Kodim Magetan Latihan Menembak Senapan dan Pistol

Magetan. Dalam rangka meningkatkan provesionalisme dan kemanpuan menembak bagi Prajurit Kodim 0804/Magetan melaksanakan kegiatan menembak senjata ringan yang meliputi menembak Pistol dan Senapan Triwulan I tahun 2018 di Lapangan Tembak Secata Rindam V/BRW Jl Gubernur Suryo No 1 Magetan, Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Kegiatan tersebut diikuti  oleh 420  anggota Kodim 0804/Magetan yang dilaksanakan selama dua hari. Senin/19/3/2018


Di tempat latihan pendidikan secata rindam V/braawijaya, para prajurit Kodim 0804/Magetan berlatih kembali menggunakan dua senjata api berbeda yaitu pistol jenis FN 46 buatan Pindad dan senapan laras panjang SS1-V3.

Dalam latihan menembak pistol dan senapan sebagai Komandan Latihan Danramil 01/0804 Magetan Kapten Inf Suwarno, Wadan lat Danramil 0804/12 Magetan Kapten Arm Sukardi, Koordinator Pistol Danramil 0804/10 Kawedanan Kapten Inf Sugiri, Koordinator Senapan Danramil 0804/06 Maospati Kapten Inf Priyono. Personel yang berlatih dengan senjata laras panjang, menggunakan amunisi tajam kaliber 5,56 mm. Sedangkan untuk amunisi pistol, menggunakan munisi tajam kaliber 9 mm Pindad.

Hadir dalam kegiatan latihan menembak senapan ini Kasdim 0804/MGT Mayor Inf Muji Wahono,  Jajaran Pa Staf Dim 0804/MGT.  Jajaran Danramil 01 sd 13 Dim 0804/MGT.  Jajaran Anggota Kodim 0804/MGT.  Perwakilan dari anggota pal 4 orang, Poskes 1 orang dan 2 orang anggota Denpal.  Komandan latihan Kapten Inf Suwarno mengatakan, para prajurit dilatih kembali menembak menggunakan senjata laras panjang dalam tiga sikap yaitu tiarap, duduk dan berdiri.

Sedangkan untuk penggunaan senjata pistol, diasah kemampuannya membidik menggunakan satu tangan dan dua tangan. “Untuk senapan laras panjang, prajurit diasah kemampuan menembaknya dari jarak 100 meter, sedangkan untuk pistol FN 46 dari jarak 15 meter. Setiap senjata diisi dengan amunisi sebanya 20 butir peluru tajam,” kata Kapten Inf Suwarno.

Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Muji Wahono yang turut dalam latihan tersebut mengatakan, kegiatan latihan menembak ini merupakan agenda rutin di TNI AD setiap tri wulan. Tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan prajurit dalam menembak baik senjata api jenis pistol maupun laras panjang.

“Latbakjatri wajib diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0804/Magetan termasuk yang bertugas di Koramil. Karena keterbatasan alat dan tempat, maka kegiatan latihan menembak dilaksanakan dua hari berturut-turut agar seluruh anggota bisa mengikuti latihan secara bergiliran. ” kata Batiops Dim 0804 Serma Heri di lokasi latihan. Menurut Serma Heri, setiap prajurit berkewajiban memelihara kemampuannya dalam hal menembak menggunakan senjata api.
Jika tidak, kata dia, dikhawatirkan membuat kemampuan menembak prajurit tersebut akan turun karena kaku yang bisa berakibat fatal. (tsr0804)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar