Selasa, 11 Desember 2018

Dandim 0804/Magetan Buka Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar 2018


Magetan - Guna meningkatkan Profesionalisme prajurit territorial, Kodim 0804/Magetan  menggelar apel Danramil dan Babinsa Tersebar 2018. Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol arm Heri Bayu Widiatmoko membuka langsung  Apel Danramil dan Babinsa Tersebar 2018 yang diselenggarakan oleh Kodim 0804/Magetan. Apel Danramil dan Babinsa Tersebar 2018 Kodim 0804/Magetan diikuti oleh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0804/Magetan.  Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari (11 - 13 Desember 2018), di Aula Koramil 0804/01 Magetan Jl. Pahlawan No 3B Magetan. Selasa (11/12/2018)

Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol arm Heri Bayu Widiatmoko mengatakan apel Danramil dan Babinsa kali ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran, ide dan gagasan yang bermanfaat bagi kemajuan Kodim 0804/Magetan, khususnya Satkowil dalam mengemban fungsi utama pembinaan teritorial di wilayah Magetan.

Saya berharap kepada seluruh peserta hendaknya memanfaatkan kegiatan ini untuk memahami kebijakan dan petunjuk-petunjuk pimpinan TNI/TNI AD dalam rangka menjabarkan strategi pembinaan teritorial dalam rangka membantu pemerintah dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya maupun untuk kepentingan pertahanan.

Lebih dari itu hendaknya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan aparat komando kewilayahan dalam menangani berbagai permasalahan aktual yang terjadi di wilayah agar diperoleh kesamaan visi, persepsi dan interprestasi melalui sikap dan tindakan dilapangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat dan Kodim 0804/Magetan khususnya.

Kesamaan visi, persepsi dan interpretasi ini secara aplikatif harus mengacu kepada lima kemampuan teritorial yaitu kemampuan temu cepat lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan perlawanan wilayah dan kemam- puan komunikasi sosial. Kelima kemampuan ini harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang handal sehingga para Babinsa sebagai ujung tombak pembinaan teritorial di daerah secara aplikatif di lapangan dapat mewujudkan aparat komando kewilayahan yang profesional.

Jika kelima kemampuan teritorial maupun pemilihan dan penggunaan metode Binter yaitu Bhakti TNI, Binwanwil dan Komunikasi sosial sudah dilaksanakan secara benar oleh aparat Komando kewilayahan, maka saya yakin kedekatan dengan masyarakat akan semakin terjalin dengan baik. “jelas Dandim”

Pada Kesempatan itu Dandim mengajak para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0804/Magetan untuk dapat memanfaatkan kegiatan apel ini sebagai wahana untuk berkomunikasi dan berkoordinasi serta berbagi pengetahuan, informasi dan pengalaman dalam kapasitasnya sebagai aparat komando kewilayahan yang berhubungan dengan tugas-tugas pembinaan satuan, tugas-tugas binter maupun sebagai pejabat kewilayahan di bidang pertahanan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Dengan kegiatan berkomunikasi, berkoordinasi dan berbagi informasi antara peserta apel, diharapkan akan ditemukan alternatif solusi paling tepat dalam menghadapi masalah - masalah yang terjadi di masyarakat.

Dengan adanya kondisi masyarakat yang sedemikian ini maka sudah sewajarnya peran aparat komando kewilayahan dituntut lebih proaktif dalam hal pendekatan kepada masyarakat maupun membina kerjasama dengan aparat lainnya guna mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul. “tegas Dandim 0804/Magetan” (MDC0804)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar