Sabtu, 05 Agustus 2017

Kodim 0804 “Gelar Komsos Kreatif” Ajak Lestarikan Seni Budaya dengan Lomba Seni tari dan Baca Puisi



Kodim  0804 “Gelar Komsos Kreatif” Ajak Lestarikan Seni Budaya dengan Lomba Seni  tari dan Baca Puisi


Komando Distrik Militer (Kodim) 0804/Magetan melaksanakan komunikasi Sosial (Komsos) kreatif lomba tarian daerah dan baca puisi, di Makodim 0804 Jl Panglima Sudirman No 42 Magetan, Jumat   (04/8). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu W. Acara dilaksanakan dari tanggal 4 sd 5 Agutus 2017, Tema yang diambil bersama rakyat TNI kuat, hebat,  profesional siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Lomba sendiri  diikuti 11 peserta tari dan 20  peserta lomba puisi yang di ikuti pelajar SMA dan SMK se kab.magetan. Juara 1 diraih peserta nomer urut 8 atas nama siswa Aji Hardianto dengan jumlah nilai 760, Juara 2 diraih peserta nomer urut 10 atas nama siswi Tiya Monika dengan jumlah nilai 724, Juara 3 diraih peserta nomer urut 6 atas nama siswi Nadia Koirunisa dari MAN Panekan dengan jumlah nilai 722.


Hadir  dalam kegiatan tersebut Dandim 0804 di dampingi Kepala Staf Kodim Mayor Inf Sunarto, Perwira staf Kodim, Danramil jajaran Kodim 0804, Kepala cabang pendidikan Wilayah Kabupaten Provinsi Jatim Yusuf, Kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga diwakili Kabag Sartono, Jajaran Kepala sekolah  yang mewakili SMA/SMK/MAN se Kab. Magetan, Perwakilan Guru SMA dan SMK se Kab. Magetan dan para peserta lomba komsos kreatif SMA dan SMK se Kab. Magetan.

Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu W,  mengajak masyarakat setempat untuk selalu melestarikan budaya daerah. Dengan melestarikan budaya daerah , diharapakan dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai daerah dan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Lomba bertujuan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah,dan mengharapkan akan meningkatkan budaya yang ada disini,” terang Dandim 0804 didampingi istri.
Sebab di zaman globalisasi yang semakin maju ini, makin banyak masuk pengaruh dari luar. Dia mengajak generasi muda agar lebih semangat lagi menjaga jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. “Meski berbeda-beda namun tetap Indonesia, dan dengan budaya inilah sebagai modal kita ke depan,” terang Dandim.

Juara lomba nantinya, kata dia, akan diikut sertakan ditingkat Korem dalam lomba berikutnya. Dan juara yang terpilih  agar bisa menampilkan yang terbaik sehingga bisa mengangkat nama daerah khususnya Kabupaten Magetan.
Camat Magetan,  Drs Samsuri, menjelaskan, bahwa selama ini di Kecamatan Magetan keamanan dan ketertiban masyarakat cukup berjalan dengan kondusif.  Yang tak lepas dari peran pembinaan TNI,  polri dan tokoh masyarakat untuk menjaga peradaban yang ada. “Sehingga kita bisa menjaga Kebhinekaan,” tandasnya.

Dia mengingatkan, upaya untuk memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa serta nilai-nilia patriotrisme dari pihak luar, salah satu yang dilihat mereka yaitu mulai dari budaya, lebih-lebih di media sosial (Medsos)  yang begitu pesatnya.
“Diharapkan bagi kita semua untuk senantiasa berpegang teguh dengan nilai-nilai budaya bangsa yang selama ini sudah mampu mempersatukan kita,” tukasnya. (tsr)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar