Senin, 09 Oktober 2017

DANDIM 0804 MAGETAN MENGHADIRI KIRAP NAYOGO PROJO DAN ANDUM BERKAH BOLU RAHAYU KAB. MAGETAN TAHUN 2017.


DANDIM 0804 MAGETAN MENGHADIRI KIRAP NAYOGO PROJO DAN ANDUM BERKAH BOLU RAHAYU KAB.  MAGETAN TAHUN 2017.

Magetan. Senin, 9 Oktober 2017. Pada setiap perayaan Hari jadi Kab. Magetan ada Tradisi unik yang tidak boleh kita lewatkan yaitu “ Kirab Nayoko Projo Dan Andum Berkah Bolu Rahayu”  Tradisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun yang merupakan ikon Kab. Magetan. Perayaan ini merupakan rangkaian hari jadi magetan yang ke 342 Tahun. Pada acara kirab ini dipimpin langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM.

Adapun peserta kirap diantaranya  Bupati
Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM.
 beserta Ibu.  Wakil Bupati Magetan H.Samsi,St,beserta Ibu. Ketua DPRD Magetan Bpk. Joko Suyono, S, Sos beserta Ibu. Sekda Kab Magetan Dr. Drs.H. Bambang Trianto, MM beserta Ibu. Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widyatmoko beserta Ibu. Komandan Secata "A" Rindam V/BRW Magetan Letkol Inf Ato Sudiatna beserta Ibu. Ka Intel Lanud Iswahjudi Letkol Sus Sutarno beserta Ibu. Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK beserta Ibu. Plh Kejaksaan Negeri Magetan bpk. Sugianto, SH beserta Ibu. Ka Pengadilan Negeri Kab Magetan Bpk Anry Widyo Laksono, SH, MH beserta Ibu. Ka Pengadilan Agama Kab Magetan Drs.H.Achmad Nurul Huda, MH beserta Ibu. Jajaran Asisten I, II, III Kab. Magetan beserta Ibu.  Jajaran Staf Ahli Kab Magetan beserta Ibu.  Jajaran Kedis/Kabag/SKPD Kab. Magetan beserta Ibu. Jajaran Camat/Kades/Kakel Se Kab Magetan beserta Ibu. Dan Masyarakat sekitar Kab Magetan.

Kirap diberangkatkan oleh bupati Magetan dengan ditandai pemecahan kendi pratolo di depan pendopo Kab Magetan. Pada kirab nayoko Projo ini mengambil start depan Pendopo Surya Graha (PSG) - jembatan Gandong II - Jl Mangis - Jl Diponegoro - Jl Dr Sutomo - Jl A Yani - Jl Bangka - Jl MT Hariono - Jl Yos Sudarso - Jembatan Gandong I dan Finist Alon Alon Kab Magetan.

Pelaksanaan Adum Berkah Bolu Rahayu yang direbutkan oleh masyarakat magetan dengan disaksikan oleh Bupati Magetan dan para tamu Undangan. penampilan Tari Kolosal dari Siswa-siswi SMA/SMK kab. Magetan ikut memeriahkan acara tersebut. Di akhir acara Bupati beserta forkopimda meninjau stan pameran yang ada dialun-alun Magetan.

Kirab nayoko projo dan Andum Berkah Bolu Rahayu merupakan acara tahunan di Kab. Magetan untuk  memperingati tahun baru Islam atau 1 Muharram, sekaligus dalam rangka pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah di dalam program kerja Dinas Parbudpora Kab. Magetan sebagai nilai budaya yang di implementasikan dalam kegiatan Festival seni.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar