Jumat, 15 Desember 2017

Bintek Pemutakiran Data Pemilih Dan Pengelolaan Anggaran Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jatim



Magetan, Bintek Pemutakiran Data Pemilih Dan Pengelolaan Anggaran Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jatim Serta Bupati Dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2018.Pada hari ini Jumat tgl 15 Desember 2017,Pkl 09.30 WIB s/d selesai,bertempat Ruang Petemuan Hotel Imelda d/a Jl Ahmad Yani no.78,telah dilaksanakan kegiatan Bintek Pemutahiran data Pemilih dan Pengelolaan anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Magetan th 2018,dalam giat ini dibuka oleh Ka KPUD Kab Magetan Bpk Hendrat Subiyakto S.Ap M.Ap,yg diikuti sekitar 150 orang.

Hadir dalam giat sbb :
1. Ka KPUD Kab Magetan Bpk Hendrat Subiyakto S.Ap M.Ap.
2. Divisi KPUD Kab Magetan Partisipasi Masyarakat dan SDM Bpk Marsono S.Pdi.
3. Divisi KPUD Kab Magetan Hukum Bpk Edi Wiyono S.Ip.
4. Divisi KPUD Kab Magetan Logistik dan Keuangan Bpk Popy M Putranto S.sos.
5. Divisi KPUD Kab Magetan Perencanaan dan Data Nur Bpk Salam S.Pdi.
6. Sekretaris KPUD Kab Magetan Bpk Luhung Sumadi.
7. Kasubag Hukum KPUD Kab Magetan Bpk Sugiono dan Bpk Sukarno.
8. Anggota PPK dan PPS Kab Magetan.

Dengan rangkaian kegiatan sbb :
1. Pkl 09.30 WIB Kegiatan dimulai dg Pembukaan.
2. Pkl 09.32 WIB Acara pembuka pembacaan Doa.
3. Pkl 09.35 WIB Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Prakata pengantar oleh Ka KPUD Kab Magetan Bpk Hendrat Subiyakto S.Ap M.Ap yg intinya :
- Mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kpd seluruh anggota PPK dan PPS se Kab Magetan yg sudah hadir dalam kegiatan ini.
- Bahwa kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan supaya seluruh anggota PPK dan PPS se Kab bisa membantu KPU dlm memberikan pengetahuan terkait Pilkada kepada seluruh anggota PPK dan PPS pada saat pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan pada th 2018.
- Para anggota PPK dan PPS diharapkan mempunyai andil yg besar dlm mendukung pelaksanaan kegiatan Pilkada yg mana banyak pemilih sudah mempunyai hak pilih agar mengerti semua.
- Penekanan utk anggota PPK dan PPS diharapkan menghafal di luar kepala tentang pentahapan Pilkada dan apa tugas dan tanggungjawabnya.
- Pemuthakiran data dan DPT harus jelas dan tercatat jangan sampai ada pemilih ganda,apalagi Bacalon Pilkada tdk terdaftar ini mrpk kesalahan fatal.
- untuk anggaran Pilkada sampai dg sekarang belum turun masih tahap pengajuan kita semua berdoa supaya cepat turun.
- Koordinasi dg apkam terkait dan Laksanakan tugas dg sebaik baiknya utk mensukseskan Pilkada serentak th 2018 ini.

Acara inti penyampaian materi sosialisasi oleh Komisioner KPUD Kab Magetan Divisi Hukum Bpk Edi Wiyono S.Ip yang intinya :
a. Pentahapan dalam Pilkada.
b. Tahap  penyelenggaraan
c. Sengketa TUN (Tata Usaha Negara) pemilihan.
d.  Kampanye tgl 26 Feb - 11Juni 2018 (debat publik, media massa)
e.  Laporan dan Audit dana kampanye tgl 25 Februari 2018.
f.  Pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan tgl 12 Juni 2018.
g.  Pungutan dan penghitungan tgl 15 Juni 2018.
h.  Rekap hasil penghitungan suara tgl 16 - 27 Juni 2018.
i. Penetapan Paslon terpilih tanpa perselisihan hasil pemilian tgl 8 - 10 Juli 2018

Penyampaian KPUD Kab Magetan divisi logistik dan keuangan oleh Bpk Popy M Putranto S.Sos yg intinya sbb :
- Tentang divisi Logistik dan Keuangan, KPU dalam rangka menunjang proses penyelenggaraan Pilkada berkewajiban untuk mempersiapkan segala sesuatu utk mensukseskan pelaksanaan Pilkada.
- Logistik pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara.
- Proses pengadaan perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara.
- Produksi dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara tgl 11 April 2018.
- Salah satu upaya yang dilakukan dalam hal pengelolaan logistik sebagai upaya untuk menyediakan logistik keperluan Pilkada secara tepat dan efektif adalah melaksanakan pengadaan dan pendistribusian logistik keperluan Pilkada sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.
- Pengadaan logistik dan distribusi ini memiliki peran sentral dan strategis sebagai salah satu aspek yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pilkada, dimana proses-proses yang tercakup adalah proses perencanaan, pengadaan, pengawasan dan pendistribusian yang merupakan kesatuan menajemen logistik Pilkada yang tersistematis pelaksanaannya.
- Semua proses-proses tersebut sebagian besar masih dilakukan secara manual dengan jumlah sumber daya manusia yang terbatas, sehingga sangat dimungkinkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan terkait pengadaan dan pendistribusian logistik yang diakibatkan oleh kesalahan manusia.
- Untuk menghindari hal - hal yang diperkirakan tersebut, maka KPU perlu mengembangkan suatu aplikasi logistik yang terintegrasi dengan pola manajemen logistik Pilkada yang baik dimana aplikasi yang terintegrasi tersebut adalah mengintegrasikan atau menggabungkan semua proses yang terjadi dalam pengelolaan logistik Pilkada ke dalam suatu aplikasi berbasis web (online) sehingga dapat diperoleh data yang cepat, tepat sesuai kondisi lapangan.
- Dengan diintegrasikannya semua proses ini ke dalam suatu sistem informasi logistik yang berbasis web, dapat memberikan kemudahan dan kecepatan bagi KPU dalam mengelola logistik Pilkada tentunya dengan keakuratan data yang tersedia dalam sistem tersebut.
- Sistem yang dinamai dengan Pilkada, hingga saat ini dapat diakses oleh seluruh user satker KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang telah memiliki hak akses. selain itu guru atau siswa siswi juga dapat mengakses dan membaca setiap informasi terkait pengelolaan logistik Pilkada.

dilaporkan rangkaian kegiatan Bintek Pemutahiran data Pemilih dan Pengelolaan anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Magetan th 2018 sampai sekarang masih berlangsung dg Ishoma Jumat,diagendakan selesai Pukul 15.00 WIB.

Pendapat pelapor.
Bahwa kegiatan Bintek sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati bagi anggota PPK dan PPS se Kab Magetan dlm rangka mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan th 2018 sesuai tugas dan tanggungjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar