Minggu, 30 September 2018

Hari Kesaktian Pancasila, Kodim 0804/Magetan Gelar Doa Bersama di Masjid Attaqwa


Magetan, Dalam rangka memperingti Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018 keluarga besar Kodim 0804/Magetan mengadakan acara doa bersama di Masjid Attaqwa Jl Panglima Sudirman No 42 Magetan , Minggu (30/9/2018). Ceramah agama dalam acara yang dihadiri Lektol Arm Heri bayu Widiatmoko, Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Muji Wahono, Pasi Intel Lettu Inf Slamet, Pasi Ops Kapten Arm Agus H, Pasi Pers Kapten Inf Suwarno, Pasi Log Kapten Cba Dyah Nilasari, dan seluruh danramil. Doa bersama tersebut dalam rangka memperingati  Hari Kesaktian Pancasila, sekaligus untuk HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI).


Dandim 0804/Magetan diantaranya mengatakan setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati Bangsa Indonesia sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Tanggal tersebut diperingati berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September, yang dikenal dengan singkatan G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Gerakan tersebut adalah gerakan yang akan merongrong ideologi Pancasila pada Bangsa Indonesia yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pancasila sebagai dasar ideologi Bangsa Indonesia merupakan pengikat, mengingat Indonesia secara geografi terdiri dari ribuan pulau yang masing-masing pulau didiami berbagai ras, suku, etnis, budaya dan agama. Pancasila yang sakti adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila masih didalami dan dihayati semua anak bangsa. 

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila harus mengembalikan sifat asli Pancasila, yang mampu menjadi pelindung semua anak bangsa dalam beragam perbedaan. Pancasila harus menjadi inspirasi, dalam berdemokrasi dan melaksanakan karya-karya kemanusiaan di tengah modernisasi peradaban. 

Acara doa bersama ini merupakan moment yang sangat tepat untuk memohon dan mendekatkan diri kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, agar sesama anak bangsa tetap dapat menjaga kebersamaan, persatuan dan keutuhan dalam bingkai NKRI. 

Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Arm Heri bayu Widiatmoko mengatakan kegiatan doa bersama dimaksudkan untuk medoakan para pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan Pancasila. Merupakan sejarah kelam bagi Bangsa Indonesia, dengan terjadinya pemberontakan G30S/PKI. Dandim 0804/Magetan berpesan kepada seluruh prajurit dan ASN yang bertugas di Kodim 0804/Magetan agar senantiasa waspada terhadap bangkitnya paham komunis di Indonesia.

Doa bersama dipimpin oleh Sertu M Tasir Hidayat, Ceramah Sejarah PKI di isi Oleh Kapten Inf Waluyo Utromo. Seusai Salat Magrib berjamaah, doa bersama dilanjutkan dengan pembacaan Istighosah dan  tahlil dan Salat Isya berjamaah. (mdc0804)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar