Senin, 17 September 2018

Sosialisasi Pencegahan,Pemberantasan,Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Test Urin Anggota Kodim 0804 Magetan TW III Th 2018.


Magetan, Dandim 0804/Magetan yang di wakili kepala staf Kodim 0804, Bersama Seluruh Personel Mendapat Pengarahan Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba Dan (P4GN)Dari Tim BNNP Magetan, bertempat di Aula Koramil 01 Kodim 0804 Magetan Jl Pahlawan No 2 Magetan telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi Penyuluhan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Kodim 0804 Mgt TW III Th 2018 dilanjutkan test urin anggota TNI dan PNS Dim 0804 Mgt dpp Kasdim 0804 Mgt Mayor Inf Muji Wahono yang dihadiri 100 orang.


Hadir dalam kegiatan Kasdim 0804 Mgt Mayor Inf Muji Wahono,  Dokter Poskes Kab Magetan Dr. Bayu Nugroho. Tim kesehatan Poskes Magetan. Jajaran Pa Staf serta Danramil jajaran Kodim 0804 Mgt. Anggota TNI Dim 0804 Mgt.

Dalam sambutannya Kepala StafKodim 0804 Mayor Inf Wahono mengatakan “Terima kasih saya sampaikan kepada tim BNNP yang telah datang ke satuan kodim 0804/Magetan dalam rangka kegiatan sosialisasi P4GN. Ini merupakan kehormatan kita dan kita semua perlu keseriusan untuk menindak  lanjuti pimpinan kita,sebelum kita menyampaikan kepada masyarakat terhadap bahaya narkoba dan kita sendiri terlebih dahulu harus bersih dati dari narkoba dan program program triwulan III harus terlaksana”.

Setelah sosialisasi atau paparan kita bisa dialog dan dilanjutkan tes urine,pelaksanan akan diatur dan kegiatan saya apresiasi dalam hal teknis untuk pengecekan. Sosialiasi tidak hanya berhenti sampai disini saja,dan  kita harus bisa menyampaikan kepada masyarakat terhadap opini bahaya narkoba untuk generasi muda,maka ini perlu kita pahami apa yang kurang jelas dalam penyampaian sosialisasi tolong ditanyakan kepada penyaji. Narkoba sangat berbahaya membuat efek yang kurang bagus mari kita waspadai peredaran narkoba dimasyarakat.

Saya Minta nanti yang tertib dan tidak boleh di tukar Urinya sama rekanya supaya sesuai dengan pribadi kita masing masing dan tidak ada masalah di masa yang akan datang. Dan supaya dalam kegiatan ini saya minta yang teratur supaya baik tidak ada kendala dalam kegiatan Kasdim 0804 mempercayakan kepada kegiatan kepada Pasi Intel Kodim Lettu Inf Slamet.
Lanjut Kasdim dalam pengarahannya kegiatan ini merupakan program kerja satuan yang bertujuan untuk mencegah dan membentengi serta memerangi peredaran narkoba di jajaran TNI AD khususnya di Kodim 0804/Magetan. Narkoba merupakan musuh kita bersama, sasaran perdaran narkoba adalah para generasi muda penerus bangsa, sehingga jika narkoba terus beredar di Indonesia maka negara kesatuan republik Indonesia akan hancur. Diharapkan kepada seluruh keluarga besar Kodim 0804/agar dpt membentengi diri beserta keluarga dari narkoba, pengguna maupun pengedar sama sama akan mendapatkan hukuman yg berat, setelah ini akan dilaks sosialisai terhadap bahaya narkoba dan marilah kita simak bersama sama

Pengarahan dari Dokter Poskes Magetan  Dr. Bayu Nugroho Perkenalan singkat oleh Dr. Bayu Nugroho. Bahwa Di dalam giat ini mari kita belajar untuk pribadi kita masing masing agar mengetahui apa yang di maksud dengan Narkoba dan pemberantasanya.
Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Badan Adiktif lainnya atau dapat pula menjadi Narkotika dan Bahan Berbahaya lainnya.
Setahu saya istilah ini menjadi kata yang specifik/trademark dipakai oleh keluarga besar Badan Narkotika Nasional, dibanding instansi/kementrian lainnya. Napza adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya.
Sebaliknya istilah ini banyak dipakai oleh Kementrian Kesehatan. Jadi dari istilah yang dipakai saja kita sebenarnya bisa menebak dari lembaga atau instansi mana mereka berasal/bekerja. Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika yang berkhasiat psikotropika melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Zat adiktif ialah bahan yang penyalahgunaannya dapat menimbulkan ketergantungan psikis.
Penjelasan bahayanya serta akibat dari penyalahgunaan Napza yg artinya narotika psikotropika zat adiktif lainya.di Indonesia ada suatu daerah penghasil narkoba terutama di Provinsi Aceh tdk menutup kemungkinan juga terdapat di daerah lain.
 Napza ( narkoba psikotropika zat adiktif lainya) efeknya ketergantungan, merusak syaraf-syaraf dan organ tubuh kpd si penguna dan juga ini bisa menimbulkan Penyakit Aids krn penggunaan jarum suntik bergantian utk itu hindari penggunaan obat yg mengandung Psikotropika.
Penyebab Penyalahgunaan Narkoba ini akan mempengaruhi SDM yg mencakup internal dan external bagi generasi bangsa indonesia yg akan datang.
intinya Pada penyuluhan ini memberikan informasi tentang bahaya,penguna narkoba sudah menjangkit pada anak anak, contoh gambar dan narkotika,alat dan cara pemakaian,ciri ciri pemakai narkoba,efek samping atau kerugian pengguna narkoba dan tingkah laku pengguna narkoba menjurus ke kriminalitas.dg langkah langkag dg Pemutusan jaring dg pengedar dan pemakai serta memusnahkan barang bukti.utk anak anak peran orang tua harus aktif.

Peran aktif kita semua dalam pemberantasan Narkoba. intinya Pada penyuluhan ini memberikan informasi tentang bahaya,pengguna narkoba sudah menjangkit pd anak anak,contoh gambar dan narkotika,alat dan cara pemakaian,ciri ciri pemakai narkoba,efek samping atau kerugian pengguna narkoba dan tingkah laku pengguna narkoba menjurus ke kriminalitas.dg langkah langkah dg Pemutusan jaring dg pengedar dan pemakai serta memusnkan barang bukti.utk anak anak peran orang tua harus aktif.

Peran aktif kita semua dalam pemberantasan Narkoba. Adapun penggolongan Narkotika : 1)  Narkotika Golongan 1( heroin. Kokain. THC). 2) Narkotika Golongan 2 (Morfin. Petidin). 3) Narkotika Golongan 3 (Kodein Buprenorfin). 4) Maka ciptakan keluarga yang bahagia, harmonis dan bersahabat.

Pelaksanaan Test urin oleh tim Poskes Magetan diikuti oleh 25 orang Anggota Kodim 0804  dengan hasil negatif/bebas dari Narkoba. (tsr/MDC0804)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar