Senin, 22 Oktober 2018

Babinsa Desa Purwosari Koramil 0804/01 Magetan Hadiri Undangan Lomba permainan simulasi pola anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang.


Magetan,  bertempat di kantor Desa Purwosari Kec/ Kab. Magetan  telah dilaksakan Lomba permainan simulasi pola anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga lingkungan PKK Desa Purwosari.

Hadir dalam Kegiatan Lomba permainan simulasi pola anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang  Ny. Masruri Ketua PKK Kecamatan Magetan.  Ipda Drajat Kanit Binmas Polsek Magetan sebagai Juri lomba.  Kepala Desa Purwosari Bpk. Rajab,  Babinsa dan Babinkabtimnas Desa Purwosari,  Ny. Aminastus Solikah Dari Balai penyuluhan KB kecamatan Magetan sebagai Juri lomba,  Ketua PKK Desa Purwosari, Seluruh perangkat Desa Purwosari. Peserta lomba simulasi pola asuh anak dan remaja dari PKK desa Purwosari.


Anak adalah harapan orang tua harapan masa depan keluarga bahkan bangsa, oleh sebab itu perlu dipersiapkan agar kelak menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi dirinya, keluarga, agama dan bangsanya. Anak seharusnya perlu dipersiapkan sejak dini agar mereka mendapatkan pola asuh yang benar saat mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Pola asuh yang baik menjadikan anak berkepribadian kuat, tak mudah putus asa, dan bertanggung jawab menghadapi hidup yang penuh dengan warna warni atau romantika hidup.

Orang Tua selalu menginginkan kehidupan anaknya menjadi anak yang sempurna tanpa mau memahami bahwa sebagai orang tua harus merubah diri sendiri terlebih dahulu sebelum anak itu lahir.

Sekarang ini terdapat berbagai dampak pada masyarakat, baik yang positif maupun yang negatif. Dampak positif globalisasi adalah perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga mempermudah seseorang untuk memperoleh berbagai informasi yang tidak terbatas. Informasi dapat berupa hiburan, pengetahuan dan teknologi, yang diperoleh dan berbagai cara seperti : TV, Video, Film-Film, Internet dan sebagainya. Kemudahan informasi memang memuaskan rasa ingin tahu kita serta dapat mengubah nilai dan pola hidup seseorang, termasuk sikap orang tua terhadap anaknya dan pola asuh yang diterapkan dalam mendidik anak dan remaja.

Sedangkan dampak negatif yang ditakuti adalah gaya hidup yang sangat menonjolkan sifat individualistik dan bebas. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak timbulnya masalah psikososial pada remaja seperti penyalah gunaan narkotika dan obat terlarang, perilaku seks bebas dan menyimpang, kriminalitas anak, perkelahian massal (tawuran), sehingga banyak mengakibatkan kegagalan pendidikan, atau kegagalan di bidang lain. Dampak negatif era globalisasi ini lebih cepat diadopsi oleh anak- anak sehingga mereka sangat rentan terhadap pengaruh negatif globalisasi tersebut.

Bagaimana semua informasi dan pengaruh itu agar tidak berdampak buruk? Sebagai orang tua tentu berharap mereka dapat menyaring informasi apa yang berguna yang patut dicontoh dan apa yang dapat merugikan yang harus dijauhinya. Kepandaian anak dan remaja dalam menyiasati hal tersebut tentu tidak lepas dan peran orang tua dalam memberikan pola asuh dan pendidikan yang tepat bagi anak- anaknya dan orang orang yang ada di sekelilingnya.

Dari hasil pendataan kami pada UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan bahwa jumlah anak dan remaja di Kecamatan Nunukan Selatan mengalami perkembangan yang pesat  dengan perkembangan itulah kami termotifasi untuk ,mempelajari,mengembangkan lebih jauh tentang pemahaman pola asuh anak yang tepat yang ada di wilayah Kecamatan Nunukan Selatan khususnya dan sebagai sumbangsih kami kepada seluruh warga pada umumnya.

Hasil Lomba permainan simulasi pola anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga lingkungan PKK Desa Purwosari sebagai berikut :  Juara 1 PKK Rw 01,  Juara 2 PKK Rw 02, Juara 3 PKK Rw 03,  Juara 4 PKK Rw 03 (TSr/R01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar