Senin, 08 Oktober 2018

Koramil 0804/01 Magetan, Tanamkan Disiplin Sejak Dini Melalui Upacara Di Sekolah


Magetan - Pelda Kahono Babinsa Kelurahan Selosari beserta anggota Koramil 0804/01 Magetan tanamkan disiplin sejak dini melalui kegiatan upacara Bendera di SDN Selosari Magetan. Senin (8/10)

Upacara bendera lekat dengan nasionalisme. upacara benderamerupakan hal paling sederhana untuk menumbuhkan nasionalisme. Sehingga  upacara bendera perlu dilaksanakan di setiap sekolah baik negeri maupun swasta.

Pelda Kahono mengatakan kegiatan upacara bendera di sekolah melatih anak untuk belajar disiplin, seperti dalam hal tepat waktu mengikuti upacara, teratur ketika berbaris. Selain itu, kepatuhan akan aturan juga dilatih melalui upacara bendera. Misalnya, setiap upacara wajib memakai dasi dan topi.

Selain itu, saat mengikuti upacara bendera anak juga belajar untuk mengendalikan diri atau regulasi diri. Rasa bosan pasti akan dirasakan anak-anak ketika upacara bendera. Apalagi saat mendengarkan kata sambutan dari guru atau kepala sekolah.

Di sini anak ditantang untuk bisa mengendalikan diri. Setiap siswa dituntut untuk tetap menghargai yang bicara di depan dengan sikap tubuh yang baik, dengan demikian akan tumbuh kepatuhan pada diri siswa. Itulah tahap pembelajaran sejak dini bagi siswa yang akan selalu diingat. “terang Pelda Kahono”

Menanamkan kebiasaan displin dengan kegiatan yang kecil seperti pelaksanaan upacara bendera yang sudah biasa dikerjakan setiap hari senin di setiap sekolah, kiranya perlu ditingkatkan lagi, sebagai proses pembelajaran langsung dalam rangka membentuk anak didik yang mempunyai karakter sehingga mereka memiliki bekal tidak hanya kemampuan intelektual, tapi juga kepribadian dan semangat kebangsaan. (R.01)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar